Bisnis Online: Karakteristik dan Kiat Sukses Menjalankannya

Dunia sudah berubah. Era baru sudah hadir. Internet dan segala macem yang berbau online merasuki hampir setiap sendi kehidupan manusia, tidak terlepas juga dunia bisnis. Makanya sekarang istilah bisnis online sering kita dengar, bahkan juga kita menjadi pelakunya. 

Bisnis online bisa dikatakan sebagai jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online atau melalui internet. Pelaku bisnis yang sebagian atau semua aktivitas bisnisnya dilakukan melalui internet, dapat kita sebut mereka menjalankan bisnis online. Pada era digital seperti saat ini, berbisnis secara online telah banyak dilakukan orang bahkan tidak jarang dari mereka menjadikan bisnis online sebagai bisnis utama. Mengapa saat ini bisnis online menjadi pilihan? Mari kita komparasikan antara bisnis offline atau yang sering kita sebut bisnis konvensional dengan bisnis online.

Perbadingan antara bisnis konvensional dan bisnis online, dapat kita lihat dari karakteristinya. Beberapa karakteristik bisnis konvensional, diantaranya : (1)  Modal relatif besar, misalnya membuka toko, nilai sewa tempat/ ruko cukup tinggi, (2) Membutuhkan pegawai/karyawan, (3) Jangkauan konsumen terbatas oleh jarak dan waktu, (4) Agak repot untuk bisa full time (dalam artikan buka penuh selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu), biasanya ada waktu operasional tertentu, (5) Bergantung dengan cuaca, (6) Pemilik biasanya harus terlibat langsung.

Sementara itu, karakteristik bisnis online, secara umum memiliki karakteristik sebagai berikut : (1) Tidak memerlukan toko dalam bentuk fisik, (2) Bisa tanpa pegawai, (3) Jangkauan pemasaran luas, (4) Bisa full time 24/7 penuh, (5) Bebas kendala cuaca, (6) Anda tidak harus bekerja full time, bisa dibuat otomatis, (7) Butuh sedikit penanganan  manual.

Berdasarkan cara menjalankannya, bisnis online sendiri ada beberapa jenis: (1) Online to Online : Maksudnya bisnis online yang dijalankan secara online juga. Misalnya jualan hosting dan domain, jualan e-book, jual jasa seperti desain web, layanan SEO, dan sebagainya. (2) Online to Offline : yang dimaksud adalah bisnis online yang dijalankan secara offline. Misalnya: Seminar bisnis online, training desain web, kursus SEO, yang promosi dan pendaftarannya secara online, tapi pelaksanaannya secara offline. (3) Offline to Online : dalam hal ini bisnis online yang dijalankan secara offline tetapi kemudian dipromosikan melalui media online. Misalnya toko online yang menjual barang fisik. 

Jika dilhat dari peran para pelakunya, bisnis online melibatkan 3 pihak: (1) Owner : adalah pemilik produk atau jasa, (2) Marketer : adalah para ahli marketing produk yang tidak memiliki produk sendiri, (3) Publisher: adalah para pemilik web yang menyediakan ruang di web nya untuk promosi produk milik orang lain.

Supaya sukses dalam menjalankan bisnis online, ada syarat yang harus dipenuhi untuk menjalankan bisnis online, yaitu : (1) Mampu mengoperasikan PC/Laptop dengan baik. Karena hampir semua kegiatan dilakukan secara online melalui internet, sehingga kemampuan mengoperasikan PC/laptop sangat diperlukan, (2) Memiliki koneksi internet yang handal. Kecepatan koneksi internet berpengaruh besar dalam menjalankan bisnis online, jangan sampai aktivitas bisnis anda tertunda sebab koneksi internet yang lambat. Bisa jadi anda akan kesal sendiri, (3) Memiliki e-mail. Membuat email adalah hal yang mudah, dan saat ini hampir dalam setiap aktivitas online membutuhkan email. Termasuk dalam berbisnis online, e-mail banyak sekali kegunannnya. Sebaiknya biasakan diri berinteraksi menggunakan e-mail. E-mail dapat bermanfaat untuk berkomunikasi dengan customer, mengirim penawaran, mendaftarkan diri diberbagai website, dan lain-lain, (4) Memiliki beberapa rekening bank. Sebaiknya anda memiliki lebih dari satu rekening bank lokal, minimal ya tiga bank. Sebab hal ini akan memudahkan pelanggan anda untuk melalukukan pembayaran melalui transfer. Kecenderungannya, pelangan akan mencari rekening bank yang sama dengan rekening bank yang dimiliki, supaya tidak terkena biaya transfer antar bank, (5) Memiliki akun bank dunia. misalnya Paypal. Apabila anda memiliki target pasar luar negeri, memiliki akun paypal wajib hukumnya. Karena akan memudahkan anda bertransaksi dengan pelanggan dari luar, atau sebaliknya jika anda memiliki suppyer dari luar, transaksi akan lebih mudah dan menguntungkan. 

Artikel ini di modifikasi dari salah satu ebook di SuksesPLR.Com, dengan judul ; "Sukses Bisnis Online"